Bagaimana tampilan barunya? Yuk, isi kuesionernya disini.

HomeBeritaHarlah Ke-56 MAN 1 Tegal Angkat Tema “Sinergi Menuju Madrasah Maju, Bermutu, dan Mendunia”

Harlah Ke-56 MAN 1 Tegal Angkat Tema “Sinergi Menuju Madrasah Maju, Bermutu, dan Mendunia”

Slawi –  Ratusan peserta didik MAN 1 Tegal beserta jajaran tenaga pendidik dan  tenaga kependidikan ikut memeriahkan pelaksanaan Hari Lahir (Harlah) MAN 1 Tegal yang ke-56 di Indoor madrasah dari pukul 08.00 WIB, Sabtu (27/04).

Berbeda dengan Harlah sebelumnya, tahun ini Harlah MAN 1 Tegal mengkombinasikan dua acara yakni pentas seni dan pengajian yang menghadirkan pembicara kondang dari Tegal yakni Ustaz Subur.

 Kegiatan diawali dengan pentas seni yang dimeriahkan oleh penampilan siswa seperti: Akustik band, Solo Song, Teater, Tari, Deklamasi Puisi, Qosidah Hadroh dan Geguritan.

Setelah pentas seni selesai, acara dilanjutkan dengan kegiatan pengajian yang di awali dengan pembacaan yasin dan tahlil yang di pimpin Bapak Muarif dan Bapak Alfin Nurkholis.

Pak Ahmad Kafi yang bertugas membacakan sejarah berdirinya MAN 1 Tegal menyampaikan secara singkat bahwa keberadaan madrasah tidak terlepas dari ikatan historis Pondok Pesantren Mahadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal, sebab periode 1947 s.d. 1982 KH. Isa Mufti dan KH. Shofwan Mufti, BA mendirikan Madrasah Menengah Atas (MMA).

“Kemudian tertanggal 19 April 1968 TMT. 01 Januari 1968, maka Madrasah Menengah Atas (MMA) berubah menjadi Madrasah Aliyah Agama Islam Negeri (MAAIN), yang berubah lagi namanya berdasarkan SK Menteri Agama Nomor: 18 Tahun 1975, MAAIN berubah menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang dikenal dengan MAN Babakan Lebaksiu Tegal,” Ujar Ahmad Kafi.

Lanjutnya secara historis MAN 1 Tegal ini menurut sumber merupakan MAN tertua di Indonesia setelah MAN Menteng, Jakarta Pusat, artinya MAN 1 Tegal meruapakan MAN tertua di Jawa Tengah. Lebih lanjut berdasarkan keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : 810 Tahun 2017 tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di provinsi Jawa Tengah. MAN Babakan Lebaksiu Tegal berubah nama menjadi MAN 1 Tegal, tertanggal 3 Oktober 2017 yang ditanda tangani oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Acara di lanjut dengan sambutan H. Masroni, yang mewakili kepala madrasah menyampaikan rasa terimakasih kepada hadirin yang telah datang dan berdoa bersama untuk MAN 1 Tegal supaya menjadi madrasah yang makin berprestasi.

Acara pengajian dalam rangkah Harlah MAN 1 Tegal ke-56 ditutup dengan mauizah hasanah yang di sampaikan oleh Ustaz Subur yang mengingatkan tentang menuntut ilmu dan menjadi generasi yang patuh, taat dan disiplin.

“Semoga di usia ke-56 tahun, MAN 1 Tegal semakin menjadi madrasah yang kompeten dan mencetak generasi penerus bangsa yang  berakhlakul karimah , kita berdoa bersama-sama semoga MAN 1 Tegal semakin baik, semakin maju dan semakin berprestasi,” ucap Ustaz Subur. (nuris)

Share:

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Slawi – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tegal menggelar seleksi Duta Generasi Berencana...
Slawi – MATSAMA atau Masa Ta’aruf Siswa Madrasah merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan setiap tahun pelajaran baru. MATSAMA tahun...
Slawi – Penganugerahan Lomba Konten Video Pendek & Desain Poster Kampanye Pencegahan Stunting Kab. Tegal dilaksanakan oleh YSKK bersama dengan Tanoto...